7 Manfaat Angin Muson Bagi Kehidupan Manusia dan Alam

Posted on

Angin muson yaitu angin musiman yang terjadi secara terpola terutama di Samudera Hindia dan selatan Asia. Angin muson menyerupai dengan angin maritim akan tetapi berukuran lebih besar, lebih besar lengan berkuasa dan lebih konstan. Gejala yang menandai kemunculan angin muson yaitu curah hujan yang tinggi. Kata muson berasal dari bahasa Arab yang berarti musim. Istilah angin muson merujuk pada perubahan arah angin yang terjadi secara musiman di sepanjang pesisir Samudera Hindia khususnya di Laut Arab.

Angin bertiup dari arah Barat Daya di India dan sekitarnya selama setengah tahun dan bertiup dari arah Timur Laut untuk jangka waktu setengah tahun berikutnya. Sehingga ada dua jenis angin muson yaitu Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur. Angin muson terjadi lantaran suhu udara di darat menghangat lebih cepat daripada maritim sehingga udara panas tersebut akan berkembang naik dan membuat daerah bertekanan rendah. Pada wilayah tropis, perbedaan sinar matahari mensugesti terjadinya angin muson. Angin muson bertiup dengan dipengaruhi oleh keberadaan dua benua yang mengapit dua samudera.

Manfaat Angin Muson Barat

Angin muson barat atau angin muson demam isu hambar timur maritim bertiup pada jangka waktu bulan Oktober sampai April. Kedudukan matahari pada ketika itu berada di belahan bumi selatan, sehingga tekanan udara tinggi terbentuk di daerah benua Asia dan tekanan rendah terbentuk di benua Australia. Angin yang terbentuk tersebut melewati Samudera Hindia sehingga mengandung uap air yang banyak, dan menjadikan Indonesia mengalami demam isu hujan selama kurun waktu tersebut. Menurut aturan Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah yang bertekanan maksimal ke daerah yang bertekanan minimal. Karena angin menuju ke arah khatulistiwa, maka angin akan dibelokkan ke arah kiri, dari Asia ke Australia serta dari Samudera Pasifik barat daya melalui Indonesia kepingan tengah dan timur sampai ke Australia. Beberapa manfaat dari angin muson barat yang terjadi setiap enam bulan sekali yaitu sebagai berikut.

1. Kesuburan alam meningkat

Manfaat angin bagi kehidupan insan sangat besar. Terjadinya demam isu penghujan di Indonesia memperlihatkan manfaat angin muson berupa tumbuhan – tumbuhan yang lebih subur dan hijau. Curah hujan yang tinggi memungkinkan semakin banyak air yang diserap oleh tumbuhan sehingga akan lebih subur dan segar.

2. Sumber air meningkat

Pada demam isu hujan tentunya curah hujan semakin tinggi dan memudahkan para petani untuk menyimpan cadangan air dan mencari sumber air untuk mengaliri sawah dan ladang mereka. Tidak perlu membuat pengairan buatan menyerupai yang biasa dilakukan pada demam isu kemarau lantaran sumber air tersedia dengan cukup. Itu berarti pengeluaran untuk perawatan lahan tentu saja akan sanggup dihemat.

3. Mengurangi polusi

Turunnya hujan sanggup mengurangi polusi udara dan penyebab udara yang terkotori menyerupai abu yang beterbangan, kotoran dan lain sebagainya akan turut larut bersama dengan air hujan yang mengalir. Dengan demikian, manfaat angin muson sanggup mengurangi polusi udara yang biasanya terjadi pada demam isu kemarau.

4. Mengurangi kebakaran hutan

Banyaknya hujan yang turun membawa manfaat angin muson sehingga tumbuhan menjadi subur, tidak layu dan kering. Dengan demikian mengurangi penyebab kebakaran hutan yang disebabkan lantaran kepingan – kepingan tumbuhan tersebut, udara juga menjadi sejuk dan tidak terlalu panas. Itulah manfaat curah hujan yang tinggi bagi kelangsungan ekosistem hutan.

Manfaat Angin Muson Timur

Peristiwa terjadinya angin muson timur yaitu kebalikan dari angin muson barat. Terjadi pada bulan April sampai Oktober di Indonesia, angin muson timur akan bertiup ketika matahari sedang ada di belahan bumi Utara. Sehingga daerah benua Australia akan mengalami demam isu dingin, tekanan maksimum dan benua Asia akan bersuhu lebih panas dan tekanan minimal. Angin akan bertiup dari benua Australia ke Asia menuju utara khatulistiwa sehingga dibelokkan ke arah kanan sehingga Indonesia mengalami demam isu kemarau. Walaupun kemarau, masih ada beberapa manfaat angin muson timur menyerupai berikut ini.

1. Panen tidak terganggu

Para petani sanggup melaksanakan panen dengan damai tanpa perlu khawatir panennya akan terganggu dengan turunnya hujan lebat yang sanggup merusak hasil panen. Tanaman hasil panen pun sanggup dijemur dengan leluasa lantaran adanya sinar matahari yang cukup. Selain manfaat angin muson, ada juga manfaat angin laut dan manfaat angin lembah.

2. Praktis menjemur pakaian

Manfaat angin muson yang satu ini kerap dirasakan oleh mereka yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, yaitu jemuran menjadi gampang kering tepat lantaran adanya sinar matahari. Ketika demam isu hujan, pakaian yang dicuci seringkali membutuhkan waktu yang lebih usang untuk dikeringkan sehingga sering anyir dan lembab. Manfaat energi angin sanggup dipakai dalam manfaat kincir angin yang sangat berkhasiat dalam kehidupan manusia.

3. Nelayan sanggup melaut

Melaut pada demam isu hujan berbahaya bagi para nelayan lantaran gelombang maritim yang tinggi dan curah hujan tinggi membawa resiko topan besar di laut. Cerahnya cuaca menjadikan nelayan sanggup melaut dengan damai dan tidak perlu khawatir akan topan serta gelombang tinggi, sehingga mereka sanggup lebih produktif dan sanggup bekerja dengan lebih maksimal melalui manfaat angin muson timur ini melalui manfaat demam isu kemarau.

Pada ketika ini pengetahuan mengenai muson semakin bertambah dan definisinya telah semakin melebar. Sekarang pengertian muson meliputi semua fenomena yang terkait dengan siklus cuaca tahunan di Asia, Australia, dan Afrika yang tropis dan subtropis serta lautan dan samudera di seluruh wilayah tersebut yang mengalami siklus cuaca yang paling mahir terjadi di bumi. Tentunya ada juga beberapa dampak negatif dari angin muson ini menyerupai banjir dan kekeringan, namun manfaat angin muson juga akan membawa imbas baik bagi kita selama tetap menjaga dan melestarikan kondisi alam dengan benar.