8 Manfaat Daun Turi untuk Ibu Menyusui

Salah satu dilemma yang sering sekali dialami oleh para ibu menyusui yaitu apakah ASI cukup untuk bayi dan kalaupun tidak apa yang harus dilakukan? Saat ini sudah banyak produk yang diklaim sebagai ASI booster namun tahukan Anda bahwa ternyata kunci biar ASI cukup untuk bayi yaitu makan-makanan bergizi seimbang terutama sayur-sayuran dan salah satunya yaitu daun turi.

Apa Itu Daun Turi?

Turi merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak tumbuh di aneka macam kawasan tropis di dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri pohon turi banyak ditanam sebab manfaat kembang turi yaitu untuk dikonsumsi yang biasanya sebagai gabungan pecal atau urap yang merupakan jenis masakan tradisional Indonesia. Tak hanya itu, tanaman yang mempunyai nama latin Sesbania grandiflora ini ternyata juga mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan tak hanya pada potongan bunganya tapi juga potongan daunnya. Menurut beberapa penelitian ternyata manfaat daun turi untuk ibu menyusui sangatlah signifikan.

Manfaat Daun Turi untuk Ibu Menyusui

Jika Anda yaitu salah satu dari para ibu yang sedang berjuang menjadi pejuang ASI, memastikan bahwa buah hati Anda bisa mendapat manfaat ASI eksklusif selama 6 bulan tentunya mengkonsumsi masakan sehat sangatlah penting. Walaupun ASI diproduksi dengan sistem supply and demand tapi tetap saja, seorang ibu tetap harus menjaga kesehatannya biar ASI yang produksi cukup dan sehat untuk sang buah hati. Daun turi ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk ibu menyusui.

  1. Melancarkan Produksi ASI

Pada dasarnya semua jenis sayur-sayuran sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil termasuk daun turi sebab sanggup membantu memperlancar produksi ASI. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam daun turi sangat baik untuk menstimulasi produksi ASI pada ibu menyusui.

  1. Tinggi Kandungan Kalsium

Ketika menyusui seorang ibu harus mempunyai cukup asupan kalsium sebab kalau tidak ASI yang kaya kandungan kalsium akan diambil dari stok kalsium dalam badan menyerupai dari tulang. Jika dibiarkan kondisi ini bisa menjadi lebih parah menyerupai terjadinya pengeroposan tulang. Mengkonsumsi daun turi bisa mengoptimalkan stok kalsium dalam badan ibu menyusui untuk mencegah defisiensi kalsium.

  1. Kaya Kandungan Riboflavin

Riboflavin merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat dibutukan oleh ibu menyusui dan banyak ditemukan pada tanaman daun turi. Riboflavin akan membantu menjaga stamina ibu menyusui terutama di bulan-bulan awal dimana kebanyakan ibu menyusui lebih sering begadang sebab harus menyusui sang buah hati setiap dua jam sekali.

  1. Membantu Meningkatkan Sistem Imun

Pada awal-awal masa menyusui seorang ibu haris mempunyai sistem imun yang optimal sebab sering begadang dan harus menyusui secara intensif. Mengkonsumsi sayuran yang kaya kandungan antioksidan sangat penting dan salah satunya yaitu dari tanaman daun turi.

  1. Tinggi Kandungan Asam Folat

Asam folat juga membantu mengoptimalkan produksi ASI pada ibu menyusui dan berdasarkan penelitian, tanaman daun turi mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat mempunyai fungsi yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Oleh sebab itu penting bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi daun turi untuk memastikan perkembangan dan pertumbuhan otak bayi akan maksimal.

  1. Mengandung Vitamin C

Ada banyak manfaat vitamin C untuk ibu menyusui. Pertama vitamin C membantu menjaga daya tahan badan ibu menyusui yang akan lebih banyak begadang sebab harus menyusui. Kedua vitamin C juga sanggup membantu menjaga kesehatan kulit ibu menyusui yang sering terlihat kusam sebab kurang tidur. Ketiga vitamin C akan menjaga stamina ibu menyusui biar tidak gampang Lelah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Terdapat dua kandungan penting pada tanaman daun turi yang sanggup membantu menjaga kesehatan kulit yaitu antioksidan dan vitamin C. Ibu menyusui biasanya tidak mempunyai cukup waktu untuk melaksanakan perawatan dan mengkonsumsi daun turi bisa menjadi pilihan perawatan dari dalam sebab banyak sekali manfaat daun turi untuk wajah dan kulit.

  1. Tinggi Kandungan Protein

Ibu menyusui membutuhkan asupan protein yang banyak sebab salah satu manfaat protein yaitu mengandung asam amino penting untuk mengoptimal produksi ASI serta mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk sang ibu.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Tahukan Anda salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil dikala menyusui yaitu rambut rontok? Hal ini dikarenakan pada proses menyusui diharapkan mineral dan protein yang banyak. Jika asupan mineral dan protein tidak cukup akan terjadi defisiensi dan defisiensi mineral menyerupai kalsium dan magnesium serta protein bisa menyebabkan rambut rontok.

Tak hanya untuk ibu menyusui ternyata masih banyak sekali manfaat daun turi untuk kesehatan pada umumnya yaitu juga umum dipakai sebagai obat herbal untuk sariawan, demam, hidup tersumbat, sakit kepala, beberapa gangguan kesehatan kulit hingga dengan disentri. Hal ini dikarenakan tanaman turi juga mengandung kandungan anti basil yang ampuh. Bonusnya, tanaman turi mempunyai bunga yang tak hanya bisa dimakan tapi juga bagus sebagai penghias halaman rumah Anda.

You May Also Like

About the Author: dimas