Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan

Langkah Membuat Perencanaan Keuangan Yang Cerdas

Posted on

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di kemudian hari. misalnya di masa pendemi corona ini. semua orang harus bekerja di rumah dan pertumbuhan ekonomi menurun. Saat situasi seperti sekarang, keuangan harus dipikirkan dengan baik. jangan sampai kita kehabisan uang untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi untuk wirausaha atau pegawai lepas, yang tidak mendapatkan gaji rutin setiap bulannya. Perencanaan keuangan harus dipikirkan dengan baik. apalagi anda memiliki impian di masa depan.

Rencana keuangan bisa digunakan untuk berbagai hal. Seperti dana pendidikan, dana pensiun, liburan, dan masih banyak lainnya. buat anda yang ingin melakukan rencana keuangan, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan.

Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan

Tujuan Rencana Keuangan Masa Depan

Saat membuat rencana keuangan, hal pertama yang harus dipikirkan adalah tujuannya. Anda bisa menanyakan diri sendiri, apa tujuan anda melakukan rencana keuangan. Buatlah tujuan yang lebih spesifik. Tidak hanya menjawab ingin kaya atau ingin liburan keliling dunia. misalnya tujuan rencana keuangan untuk pendidikan, menikah, membuat rumah, dan masih banyak lainnya. dengan membuat tujuan yang jelas, anda jadi tahu untuk apa rencana keuangan tersebut.

Ketahui Aset Yang Dimiliki

Langkah selanjutnya catat semua aset yang anda miliki. Mulai dari rumah, tabungan, mobil, investasi dan lainnya. catat semuanya dengan detail dan rinci. Kemudian tulis juga hutang yang anda miliki. Seperti kredit mobil, hipotek, tagihan kartu kredit dan sebagainya. Ini akan memudahkan anda membuat rencana keuangan dengan maksimal.

Catat Biaya Pengeluaran 

Selain mencatat aset yang dimiliki, anda juga harus mencatat biaya pengeluaran setiap bulannya. Buat rinciannya dengan detail. Bahkan dari pengeluaran terkecil pun harus anda catat. Anda bisa mencatat manual di buku atau menggunakan aplikasi pencatatan keuangan. Ada banyak aplikasi yang bisa anda download gratis di playstore. Dengan melakukan pencatatan, anda bisa tahu pengeluaran tetap setiap bulannya.

Mulailah Berhemat

Jika anda sudah tahu kondisi keuangan, mulailah berhemat. Anda harus tahu berapa besar uang yang akan diinvestasinya, yang digunakan setiap bulan, pembayaran cicilan dan lainnya. tidak perlu mengeluarkan biaya yang tidak perlu atau hanya untuk berhura-hura saja. pangkaslah pengeluaran anda. pastikan anda memiliki tabungan setiap bulannya. Anda bisa menyisihkan 10% dari penghasilan yang anda miliki.

Bayarlah Hutang Anda

Bila anda memiliki hutan dengan bunga tinggi. Berarti anda harus mengatur keuangan dengan lebih baik lagi. pastikan anda membayar lunas hutang tersebut. selain menyisihkan uang, anda harus memikirkan baiya pelunasan hutang. Jika hutang anda sudah lunas, maka jumlah investasi yang dimiliki semakin besar dan pengeluaran tiap bulannya semakin sedikit.

Pilih Jenis Investasi Yang Tepat

Saat melakukan rencana keuangan, tidak akan lepas dari yang namanya investasi. Saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa anda gunakan. Pilih jenis investasi yang tepat dan memiliki risiko rendah. Selain itu pilih investasi yang memberikan keuntungan besar. sehingga jumlah uang yang dimiliki semakin besar. selain memilih investasi, anda juga harus mengasuransikan diri anda. karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan.

Yang terakhir jangan lupa untuk memonitoring perencanaan keuangan anda. apakah sudah sesuai dengan target yang anda inginkan. Ada masalah atau tidak setiap bulannya dan masih banyak lainnya. dengan begitu keuangan anda akan semakin baik dan rencana keuangan bisa dijalankan dengan sukses. Sekian, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *