Pengertian Protein
Pengertian Protein

Pengertian Protein Rambut dan Cara Mendapatkannya

Posted on

Keratin adalah protein yang dapat ditemukan di rambut, kulit, dan kuku Anda. Anda juga bisa menemukan keratin pada organ dan kelenjar manusia. Pengertia protein rambut keratin sering dikaitkan sebagai protein pelindung. Inilah mengapa keratin sangat mudah tergores dibandingkan sel tubuh lainnya pada manusia.

Keratin adalah protein yang diproduksi di dalam tubuh oleh sel yang disebut keratinosit. Saat keratin terbentuk, peran utamanya adalah melindungi rambut, kulit, dan kuku dari kerusakan, namun produksi keratin di dalam tubuh tidak selalu bisa banyak dan memenuhi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pengertian Protein
Pengertian Protein

Cara Meningkatkan Produksi Keratin

Terkadang, keratinosit tidak dapat menghasilkan keratin dalam jumlah besar, yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Namun jangan khawatir karena terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kadar keratin di dalam tubuh:

1. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi

Keratin merupakan protein yang akan terus bereproduksi jika memiliki asam amino yang cukup. Inilah mengapa mengonsumsi makanan kaya protein dapat membantu keratinosit meningkatkan produksi keratin dalam tubuh. Konsumsi beberapa makanan seperti ikan, daging, dan yogurt mengandung protein tinggi.

2. Mengonsumsi makanan berzat besi

Mengonsumsi makanan kaya zat besi juga dapat membantu tubuh memproduksi keratin yang dibutuhkan tubuh. Pasalnya, saat zaat besi dalam tubuh terpenuhi, tubuh akan mendapatkan oksigen yang cukup hingga ke folikel rambut karena sel darah merah yang berjalan dengan lancar. Anda bisa mengonsumsi ayam, udang, telur dan tahu untuk memenuhi zat besi yang dibutuhkan tubuh.

3. Mengonsumsi makanan sumber vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya karena dapat membantu tubuh menyerap zat besi sehingga sel darah merah akan lebih mudah mengangkut oksigen hingga ke folikel rambut. Jeruk, nanas, stroberi dan pepaya merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

4. Mengonsumsi makanan sumber biotin

Makanan yang mengandung biotin juga mampu membantu tubuh meningkatkan produksi keratin. Maka dari itu produk vitamin rambut dan kuku biasanya mengandung biotin. Biotin diperlukan untuk metabolisme asam amino dan produksi keratin. Oleh karena itu diperlukan konsumsi protein dan biotin secara bersamaan untuk meningkatkan produksi kadar keratin dalam tubuh, selain itu biotin juga dapat memperkuat kuku dan rambut sama halnya seperti keratin.

5. Mengonsumsi makanan bervitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk sintesis keratin. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A akan mendorong peningkatan jumlah keratin dalam tubuh dan mempercepat serta melancarkan proses produksi keratin.

6. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam perkembangan keratinosit selain membantu pertumbuhan gigi dan tulang. Oleh karena itu, tubuh manusia membutuhkan vitamin D untuk meningkatkan kadar keratin yang dibutuhkannya

Inilah beberapa cara meningkatkan kadar keratin dalam tubuh secara alami. Selain meningkatkan jumlah keratin yang dibutuhkan oleh tubuh, tubuh Anda juga akan menjadi lebih sehat dan juga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Suplemen keratin dianggap sebagai salah satu cara yang lebih praktis bagi orang yang ingin menambah kandungan keratin yang dibutuhkan oleh tubuh. Suplemen keratin dapat didapatkan di apotek yang tersedia dalam berbagai merek. Namun konsumsi suplemen tentu harus sesuai dosis atau anjuran dokter.

Setelah memahami pengertian protein dan cara mendapatkanna, jika anda ingin menjaga kesehatan rambut dengan cara yang aman, gunakan rangkaian perawatan rambut shampo dan conditioner dari TRESemmé Keratin Smooth. Kandungan keratin, jojoba oil, marula oil, argan oil, dan shea butter mampu menutrisi setiap helai rambut menjadikannya lebih halus dan berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *